Breaking News
Join This Site
Mengenal berbagai macam vitamin dan sumber makanannya

Mengenal berbagai macam vitamin dan sumber makanannya

Apa itu vitamin?

Vitamin atau vital amine adalah sekelompok senyawa organik yang berbobot kecil yang memiliki fungsi vital pada sistem metabolisme pada setiap organisme yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin terbagi atas beberapa jenis dan dari beberapa jenis tersebut ada vitamin yang mudah larut dalam air dan ada vitamin yang larut dalam lemak. Tubuh manusia membutuhkan vitamin-vitamin ini untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh pada dirinya. Dengan mengkonsumsi vitamin ini dapat meningkatkan ketahan tubuh pada makhluk hidup. Lalu vitamin apa saja yang larut dalam air dan vitamin apa saja yang larut dalam lemak?. Berikut pembagian vitamin serta sumber makanan yang mengandung vitamin tersebut.



Vitamin yang larut dalam air

Ada beberapa jenis vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan vitamin C. 

1. Vitamin B

Vitamin B adalah vitamin yang berperan penting dalam metabolisme tubuh, vitamin B sendiri terbagi atas beberapa bagian yang di kenal dengan vitamin B compleks  yaitu vitamin B1, B2, B6, B12, B3, B9, B5, dan B7,. Semua vitamin B dapat ditemukan dari beberapa sumber makanan dan memiliki fungsi sebagai berikut:

a. Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki fungsi penting untuk menjaga sistem saraf dan fungsi jantung pada manusia dan mencegah penyakit beri-beri. kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gejala tidak nafsu makan, susah untuk buang air besar, sudah untuk tidur dan selalu merasa gelisah.

Sumber makanan :
Vitamin B1 dapat kita temukan di sumber makanan seperti padi-padian, roti, tepung ikan, daging yang tanpa lemak, susu, hati dan daging ayam.

b. Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki fungsi yang penting dalam menjaga kesehatan kulit dan perumbuhan pada jaringan tubuh serta mencegah kepekaan mata terhadap cahaya.

sumber makanan :
Vitamin B2 dapat kita temukan pada sumber makanan seperti roti, padi-padian, sayuran hijau yang berdaun, daging tanpa lemak, hati, ragi kering, telur dan juga susu

c. Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi juga menjaga sistem syaraf dan sel-sel darah merah 

Sumber makanan :
Vitmin B6 dapat kita jumpai pada sumber makanan seperi padi-padian, daging, pisang, gandum, sayuran, dan juga ragi kering.

d. Vitamin B12
Vitamin B12 memiliki fungsi untuk mencegah anemia serta menjaga kesehatan sistem syaraf dan pertumbuhan pada anak-anak

Sumber makanan :
Sumber makanan yang bisa kita peroleh untuk mendapatkan vitamin ini yaitu semua daging binatang, hati, limpa, susu dan juga ikan laut.

e. Vitamin B9 
Vitamin ini berfungsi untuk membantu dalam membangun jaringat otot, meningkatkan jumlah sel tubuh, dan membantu menajaga dalam gangguan mental.

Sumber makanan :
Vitamin B9 bisa ditemukan pada makanan seperti keju, sayuran berdaun hijau, jamur, bunga kol, ragi dan kacang-kacangan

f. Vitamin B3
Mengkonsumsi vitamin ini akan membantu dalam proses merubah makanan yang kita makan menjadi energi dalam tubuh, menjaga sistem syaraf serta mengurangi gejala kurang nafsu makan.

Sumber makanan :
Untuk menemukan vitamin ini dapat kita jumpai pada padi-padian yang bergizi tinggi, roti, telur, hati, daging yang tanpa lemak dan juga ragi kering.

g. Vitamin B5
Vitamin B5 penting dalam penggunaan tubuh akan karbohidrat, lemak dan juga protein

Sumber makanan : 
Vitamin B5 dapat kita temukan pada semua makanan dari tumbuh-tumbuhan dan daging

h. Vitamin B7
Vitamin B7 sangat penting untuk metabolisme pada karbohidrat, protein dan juga lemak.

Sumber makanan :
Vitamin ini dapat di temukan pada kunig telur, sayuran hijau, susu, ginjal dan juga hati

2. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang paling mudah larut dalam air vitamin ini memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan gigi, gusi dan juga tulang. mengkonsumsi vitamin C juga dapat membantu proses pembentukan sel-sel pada tubuh dan pembuluh darah serta dapat mencega penyakit kulit seperti kudisan.

Sumber makanan :
Vitamin C dapat kita temui dari berbaga macam sumber makanan seperti sari buah-buahan yang asam, kol, sayur hijau dan juga kentang. Namun kadar vitamin C yang tingga dapat di temukan pada buah jeruk.

Vitamin yang larut dalam lemak

Selain vitamin yang dapat larut dalam air diatas ada juga vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E dan K. vitamin ini akan disimpan pada tubuh didalam jaringan adiposa atau lemak didalam hati yang akan dikeluarkan dan diedarkan keseluruh tubuh. Adapun fungsi dan sumber makanan yang bisa kita dapatkan untuk mengkonsumsi vitamin ini adalah :

a. Vitamin A
Vitamin A berfunsi untuk menjaga penglihatan mata, menjaga kesehatan kulit, mengurangi rambut rontok serta mencegah penyakit merophtalmia yaitu penyakit dimana selaput ikat mata menjadi kering.

Sumber makanan :
Sumber makanan yang mengandung vitamin A dapat dijumpai pada susu, mentega atau margarin, hati, telur, sayuran hijau dan juga kuning serta ginjal.

b. Vitamin D
Vitamin D memiliki fungsi yang baik untuk menjaga gigi dan tulang juga membantu tubuh dalam menggunakan kalsium dan phosphor, mengkonsumsi vitamin D dapat mencegah penyakit rakhitis.

Sumber makanan :
Kita dapat menemukan vitamin D pada sumber makanan seperti susu, ikan salmon, minyak ikan, kuning telur juga ikan tuna.

c.Vitamin E
Fungsi dari vitamin ini adalah menjaga fungsi darah dan mencegah kelebihan asam lemak pada tubuh

Sumber makanan
Kita dapat menemukan vitamin E pada sumber makanan seperti minyak sayur, padi-padian, dan juga gandum.

d. Vitamin K
Vitamin K sangat berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan juga membantu proses pembekuan darah apabila terjadi pendarahan akibat luka pada tubuh

Sumber makanan :
Kita dapat menemukan vitamin K pada makanan seperti susu, kuning telur juga pada sayuran segar.

Kesimpulan :

Vitamin memiliki peranan penting pada tubuh manusia yang tidak dihasilkan dari proses di dalam tubuh, vitamin ini dapat kita temukan di berbagai macam jenis makanan yang ada di alam, dengan mengkonsumsi vitamin secara pas dan sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat membantu dan menjaga kesehatan serta metabolisme pada tubuh yang penting untuk kesehatan. Banyak manfaat vitamin yang bisa kita komsumsi dan tentunya mudah kita dapatkan. Namun mengkonsumsi vitamin secara berlebihan dan tidak seimbang dapat menimbulkan masalah dalam tubuh. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. 

Sumber referensi :
http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-vitamin-b9-atau-asam-folatfolic-acid-bagi-kesehatan-1192.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin
Buku pintar seri senior editor Iwan Gayo

image :pixabay.com