Breaking News
Join This Site
Waspada terhadap berita-berita Hoak yang beredar dalam masyarakat kita

Waspada terhadap berita-berita Hoak yang beredar dalam masyarakat kita

waspada terhadap berita hoak
pixabay.com

intips viral - Halo sobat intips, kembali lagi bersama intips viral. Seperti biasa intips viral akan membahas seputar hal menarik tips serta pembahasan menarik lainnnya. Kali ini intips viral akan membahas tentang banyaknya berita tidak benar atau istilahnya berita hoak yang terkadang banyak beredar di media sosial dan juga media lainnya. Tentunya sobat intips sering menjumpai hal-hal semacam ini dari beberapa media sosial. Seperti namanya berita hoak adalah berita yang dipublikasikan atau di shere oleh beberapa orang tanpa mengetahui kebenaran isi dari artikel tersebut dan biasanya cenderung kepada hal-hal yang membuatnya menjadi profokasi kepada pihak-pihak tertentu. 

Banyak sekali dampak negatif yang di timbulkan dari berita hoak tersebut yang hanya semata - mata hanya menginginkan suatu ketenaran atau hanya ingin mendampatkan sesuatu. Lalu dampak seperti apa yang di timbulkan dari berita hoak tersebut?. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan akibat tersebarnya berita hoak yang belum tentu kebenarannya.

1. Menimbulkan kebingungan antara berita yang sebenarnya dan berita yang tidak sebenarnya.
Tentunya bagi masyarakat yang menyukai membaca berita pastilah akan membingungkan bila menjumpai suatu berita dengan tema yang sama namun isi dan kebenarannya berbeda. Hal ini akan menimbulkan salah presepsi dalam pemahaman dari berita tersebut.

2. Merugikan pihak-pihak tertentu.
Hal ini pastilah terjadi. Banyak sekali berita hoak yang memberikan isi yang mengarah kepada pihak-pihak tertentu namun belum tentu kebenarannya karena belum ada kepastian dari berita tersebut. Terlebih lagi bila berita tersebut sampai mencemarkan nama baik salah satu tokoh dari berita tersebut.

3. Menimbulkan kesalahpahaman dalam masyarakat.
Berita hoak pasti tentunya akan menyampaikan berita yang tidak sebenarnya yang dapat menimbulkan kesalah pahaman terhadap pemahaman sesuatu atau seseorang dalam postingan berita tersebut.

4. Terpropokasi terhadap berita tersebut.
Berita hoak cenderung kepada isi yang berbau hal-hal propokasi yang membuatnya menjadi pembodohan pada masyarakat kita. Hal ini bisa merugikan pembaca, dan tokoh-tokoh dalam postingan berita hoak tersebut.

5. Dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dalam masyakat kita.
Memang hal ini bisa terjadi apabila berita hoak tersebut berisikan tentang keamanan dan ketertiban dalam masyarakat kita.

Beberapa hal diatas adalah sebagian kecil dari dampak yang terjadi akibat berita hoak tersebut. Lalu bagaimanakah cara kita untuk menyikapi semua isi berita atau artikel dalam suatu berita yang disampaikan atau dishere oleh pihak-pihak tertuntu?. Nah intips viral akan memberikan beberapa tips buat sobat intips untuk dapat menyikapi berita-berita yang beredar bebas pada masyarakat kita.

Tips menyikapi berita yang beredar.
1. Teliti dengan benar sumber dan bukti-bukti yang diberikan oleh suatu berita, apakah sudah jelas atau belum.

2. Biasakan untuk membaca suatu isi dari berita dari awal sampai habis dan jangan hanya judulnya saja yang dibaca, karena pada masa ini judul dan isi terkadang berbeda maksud dan tujuannya.

3. Biasakan untuk membaca komentar dari setiap postingan untuk dapat mengetahui tanggapan dari setiap pembaca yang memberikan suatu komentar.

4. Saringlah setiap berita yang sobat intips baca dan jangan menerimanya dengan mentah-mentah dan jangan ikut menshere apabila belum terbbukti kebenaranya.

5. Carilah kebenaran kepada pihak setempat apabila berita yang beredar berasal dari daerah sobat intips untuk menyakinkan apakah berita tersebut benar adanya atau tidak.

6. Bantulah dengan komentar apabila sobat intips mengetahui isi berita yang sebenarnya  untuk mengurangi dampak penyebaran berita hoak tersebut.

Kita sebagai masyarakat yang menyukai untuk membaca suatu berita hendaklah tetap selalu waspada terhadap berita yang beredar. Dengan demikian sobat intips tidak akan mudah untuk terprokosi terhadap berita yang beredar dalam masyarakat kita. Tetaplah untuk selalu pintar dan bijaksana dalam menanggapi berita yang beredar, tentnunya hal ini juga dapat menyelamatkan bangsa kita dari berita-berita yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat kita. Itulah sekilas tentang berita hoak yang beredar dari intips viral. Tetap pintar, tetap bijaksana dan tetapwaspada buat sobat intips semua. 


Jangan lupa ya buat sobat intips untuk melihat artikel intips viral lainnya  yang mudah-mudahan dapat membantu dan memberikan pengetahuan buat sobat intips semua. Terimakasih telah mampir dan silahkan untuk memberikan komentar sehat buat sobat intips semua. Salam cinta.